Mencari Jasa Backlink atau Mencari Link Sendiri?

Peringkat di mesin pencari adalah kunci dari memonetize sebuah website. Peringkat juga menjadi salah satu ukuran apakah website tersebut berkualitas, digemari, atau hanya sekadar website tanpa pencapaian. Untuk mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari, salah satunya adalah dengan memaksimalkan SEO atau Search Engine Optimization yang dimulai dari riset kata kunci yang berkaitan dengan tema situs. Namun itu saja tidak cukup, diperlukan juga cara lain untuk mempercepat proses sekaligus memperkuat hasil akhirnya. Caranya adalah dengan link building dengan menanamkan backlink di banyak tempat. Karena perannya yang sangat penting, maka muncullah banyak penyedia jasa backlink dengan varian paket dan harga.

Namun pada hakikatnya, backlink bisa diusahakan sendiri tanpa harus memilih jasa backlink. Akan tetapi Anda perlu mengetahui beberapa pertimbangan berikut ini. Bila Anda memilih untuk menggunakan jasa backlink, maka hal pertama yang harus Anda siapkan adalah bajet. Bajet ini bisa mulai dari ratusan ribu bahkan sampai di atas 2 juta atau lebih, tergantung pada kualitas yang ditawarkan. Namun biaya itu akan menghemat waktu Anda dalam menaikkan peringkat situs Anda karena dikerjakan oleh orang-orang ahli di bidangnya. Anda bisa berfokus pada pembuatan artikel atau aktivitas yang lain. Namun Anda pun sebenarnya dapat mencari atau membuat backlink Anda sendiri, yakni dengan beberapa cara.

Salah satunya adalah dengan blog walking, yakni berkomentar di situs besar dengan reputasi di atas situs Anda. Tentunya komentar tersebut harus meninggalkan link yang menuju ke website Anda. Selain pada kolom komentar website atau blog, komentar juga bisa ditinggalkan pada platform lain seperti pada forum atau youtube sebagai mesin pencari yang populer saat ini. Namun sayangnya, cara ini cenderung akan menghabiskan waktu Anda, belum lagi cap spam dari Google bisa Anda terima bila komentar cenderung monoton dan menggunaka  bot. Ini akan menjadi mimpi buruk bari situs Anda. Nah, yang manakah yang akan Anda pilih? Memakai jasa backlink atau menghabiskan waktu untuk blog walking yang memiliki resikonya sendiri?